IDAI: Keamanan pangan jadi faktor penting nutrisi anak

Keamanan pangan merupakan faktor penting dalam menjaga nutrisi anak. Organisasi Ilmu Gizi Indonesia (IDAI) memahami betapa pentingnya peran keamanan pangan dalam mencegah berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak aman.

Menurut IDAI, keamanan pangan tidak hanya berkaitan dengan kualitas makanan yang dikonsumsi, tetapi juga dengan proses produksi, pengolahan, penyimpanan, dan distribusi makanan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak aman dan bebas dari kontaminasi yang dapat membahayakan kesehatan mereka.

Dalam upaya menjaga keamanan pangan, IDAI menekankan pentingnya untuk selalu memperhatikan kebersihan dan keamanan makanan. Mulai dari memilih bahan makanan yang segar dan berkualitas, hingga memastikan bahwa makanan tersebut disimpan dan diolah dengan benar. Selain itu, IDAI juga mendorong para orangtua untuk selalu memperhatikan label makanan dan tanggal kadaluwarsa agar terhindar dari konsumsi makanan yang sudah tidak layak dikonsumsi.

Keamanan pangan juga berkaitan dengan upaya pencegahan terhadap penyakit yang disebabkan oleh makanan yang tidak aman, seperti keracunan makanan dan infeksi saluran pencernaan. Oleh karena itu, IDAI juga mengimbau para orangtua untuk selalu memperhatikan kondisi kebersihan dan sanitasi saat memasak dan menyajikan makanan.

Dengan menjaga keamanan pangan, kita tidak hanya dapat mencegah berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh makanan yang tidak aman, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas nutrisi anak-anak. Sehingga, keamanan pangan harus menjadi prioritas utama dalam upaya menjaga kesehatan dan nutrisi anak-anak.