Kiat makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak

Steak adalah salah satu makanan yang sangat populer di kalangan penggemar daging. Namun, banyak orang khawatir bahwa makan steak bisa membuat mereka gemuk dan tidak sehat karena tingginya kandungan lemak dan kolesterol dalam daging tersebut. Namun, sebenarnya ada cara untuk menikmati steak tanpa harus khawatir tentang kesehatan dan berat badan.

Berikut adalah beberapa kiat untuk makan steak agar tetap sehat dan rendah lemak:

1. Pilih daging yang rendah lemak
Pilihlah daging steak yang rendah lemak, seperti sirloin, tenderloin, atau flank steak. Hindari daging yang berlemak dan berlapis lemak, seperti ribeye atau T-bone steak.

2. Pilih cara memasak yang tepat
Pilihlah cara memasak yang sehat, seperti memanggang, merebus, atau menggoreng dengan sedikit minyak. Hindari menggoreng steak dalam minyak yang banyak karena akan menambah kandungan lemak dalam hidangan.

3. Hindari saus yang berlemak
Hindari saus yang mengandung banyak lemak, seperti saus krim atau saus berbasis mentega. Sebagai gantinya, gunakan saus tomat atau saus bawang putih yang lebih rendah lemak.

4. Sertakan sayuran dalam hidangan
Sertakan sayuran dalam hidangan steak Anda untuk menambah serat dan nutrisi dalam makanan. Sayuran seperti brokoli, wortel, atau kacang polong dapat menjadi pilihan yang baik.

5. Batasi porsi
Batasi porsi steak yang Anda makan untuk mengontrol asupan kalori dan lemak dalam hidangan. Hindari makan steak dalam porsi yang besar dan cobalah untuk membagi hidangan dengan orang lain jika porsi terlalu besar.

Dengan mengikuti kiat di atas, Anda dapat menikmati steak tanpa harus khawatir tentang kesehatan dan berat badan. Selamat menikmati hidangan steak yang sehat dan rendah lemak!