KOWANI sebut pelestarian kebaya dapat gerakkan ekonomi bangsa

Kebaya merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat berharga. Baju tradisional yang cantik dan anggun ini telah menjadi identitas bangsa Indonesia di mata dunia. Namun, sayangnya kebaya kini mulai tergeser oleh busana modern yang lebih praktis dan mudah digunakan.

Untuk itu, Komite Wanita Nasional (KOWANI) menyebutkan bahwa pelestarian kebaya sangat penting untuk menjaga keberlangsungan budaya Indonesia. Selain itu, KOWANI juga menekankan bahwa pelestarian kebaya juga dapat menjadi salah satu cara untuk menggerakkan ekonomi bangsa.

Dengan semakin banyaknya orang yang memilih untuk menggunakan kebaya, maka akan terjadi peningkatan permintaan akan produk-produk kebaya. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan industri kebaya di Indonesia, mulai dari pembuat kain tradisional, penjahit kebaya, hingga desainer kebaya.

Selain itu, pelestarian kebaya juga dapat menjadi salah satu daya tarik pariwisata Indonesia. Banyak turis mancanegara yang tertarik untuk membeli kebaya sebagai oleh-oleh khas Indonesia. Hal ini dapat membantu meningkatkan pendapatan para pelaku usaha kebaya di Tanah Air.

Dengan demikian, pelestarian kebaya tidak hanya penting untuk menjaga warisan budaya Indonesia, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian bangsa. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama mendukung pelestarian kebaya sebagai bagian dari identitas dan kebanggaan bangsa Indonesia.