Mengenal Kokedama, seni tanaman hias Jepang di Kebun Raya Cibodas

Tanaman hias merupakan salah satu cara yang efektif untuk memberikan keindahan dan kesejukan di sekitar lingkungan rumah atau kantor. Salah satu seni tanaman hias yang sedang populer saat ini adalah kokedama, seni tanaman hias Jepang yang kini juga bisa dinikmati di Indonesia, tepatnya di Kebun Raya Cibodas.

Kokedama berasal dari kata “koke” yang berarti lumut dan “dama” yang berarti bola. Sehingga kokedama dapat diartikan sebagai tanaman yang dibungkus dengan bola tanah dan lumut. Proses pembuatan kokedama cukup sederhana, yaitu dengan menggulung tanah dan akar tanaman dengan campuran serat akar, arang, dan tanah liat hingga membentuk bola kecil. Kemudian bola tersebut dibungkus dengan lumut yang membuat tanaman terlihat cantik dan unik.

Kebun Raya Cibodas merupakan salah satu tempat di Indonesia yang menawarkan kokedama sebagai salah satu produk tanaman hias yang bisa dibeli. Pengunjung bisa melihat berbagai macam jenis tanaman hias yang telah dibuat dalam bentuk kokedama, mulai dari tanaman indoor seperti paku-pakuan hingga tanaman outdoor seperti kaktus dan sukulen.

Selain itu, pengunjung juga bisa belajar cara membuat kokedama sendiri melalui workshop yang diadakan di Kebun Raya Cibodas. Workshop ini biasanya dipandu oleh ahli tanaman hias yang akan memberikan panduan lengkap mulai dari pemilihan tanaman yang cocok hingga langkah-langkah dalam membuat kokedama.

Dengan kehadiran kokedama di Kebun Raya Cibodas, diharapkan masyarakat Indonesia bisa semakin mengenal dan mencintai seni tanaman hias Jepang. Selain itu, kokedama juga dapat menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin memiliki tanaman hias dengan tampilan yang unik dan menawan.

Jadi, jika Anda ingin menambah koleksi tanaman hias di rumah atau kantor, jangan ragu untuk mencoba kokedama. Kunjungi Kebun Raya Cibodas dan temukan berbagai macam tanaman hias kokedama yang bisa menjadi pilihan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!