Pemkab Halmahera Barat ajak warga jaga adat dan budaya

Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat terus mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan adat dan budaya yang ada di daerah tersebut. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mempertahankan warisan budaya yang telah turun-temurun dari nenek moyang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Halmahera Barat, Ahmad Zainuddin, mengatakan bahwa adat dan budaya merupakan bagian tak terpisahkan dari identitas suatu bangsa atau daerah. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk terus melestarikan tradisi-tradisi yang telah ada sejak dahulu kala.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat adalah dengan mengadakan berbagai kegiatan budaya, seperti festival budaya, pameran seni, dan pertunjukan tradisional. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal dan mencintai budaya daerahnya sendiri.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat juga mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk turut serta dalam melestarikan adat dan budaya. Dengan begitu, pariwisata di daerah ini dapat semakin berkembang dan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat setempat.

Melalui berbagai upaya ini, diharapkan adat dan budaya di Kabupaten Halmahera Barat dapat tetap lestari dan tidak tergerus oleh arus globalisasi. Masyarakat di daerah ini diharapkan dapat terus menjaga dan merawat warisan budaya yang ada, sehingga dapat terus diwariskan kepada generasi yang akan datang.