Penderita aritmia disarankan tidak melakukan pijat di leher

Penderita aritmia adalah orang yang mengalami gangguan irama jantung yang tidak normal. Kondisi ini dapat menyebabkan detak jantung menjadi terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur. Oleh karena itu, penderita aritmia perlu ekstra hati-hati dalam melakukan aktivitas sehari-hari, termasuk dalam melakukan pijat di leher.

Pijat di leher merupakan salah satu teknik terapi yang sering dilakukan untuk mengurangi stres dan ketegangan pada otot leher. Namun, bagi penderita aritmia, pijat di leher dapat berisiko mengganggu irama jantung yang sudah tidak normal. Pijatan yang terlalu kuat atau tidak tepat dapat memicu terjadinya gangguan irama jantung yang lebih parah.

Oleh karena itu, para penderita aritmia sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan pijat di leher. Dokter akan memberikan saran dan arahan mengenai teknik pijat yang aman bagi kesehatan jantung. Selain itu, penderita aritmia juga disarankan untuk memilih terapis pijat yang berpengalaman dan terpercaya agar terapi yang dilakukan dapat memberikan manfaat tanpa menimbulkan risiko.

Jika Anda adalah penderita aritmia, jangan ragu untuk mengkomunikasikan kondisi kesehatan Anda kepada terapis pijat sebelum sesi dimulai. Berikan informasi mengenai riwayat penyakit jantung yang Anda miliki agar terapis dapat mengatur teknik pijat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Selalu utamakan keselamatan dan kesehatan jantung Anda dalam setiap kegiatan yang Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para penderita aritmia untuk lebih berhati-hati dalam melakukan pijat di leher.