Perbedaan GERD dan tukak lambung serta cara penanganannya

Gangguan pencernaan seperti GERD (gastroesophageal reflux disease) dan tukak lambung seringkali membingungkan bagi banyak orang karena gejalanya seringkali mirip. Namun, kedua penyakit ini memiliki perbedaan yang penting dalam hal penyebab, gejala, dan cara penanganannya.

GERD adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti rasa terbakar di dada, rasa asam di tenggorokan, dan sulit menelan. Penyebab utama GERD adalah disfungsi katup antara kerongkongan dan lambung, yang memungkinkan asam lambung naik ke atas. Sementara itu, tukak lambung adalah luka atau borok pada lapisan lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri Helicobacter pylori atau penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) dalam jangka panjang.

Gejala GERD dan tukak lambung seringkali mirip, seperti nyeri dada, mulas, mual, muntah, dan penurunan berat badan. Namun, gejala tukak lambung seringkali lebih parah dan dapat disertai dengan pendarahan internal jika tidak ditangani dengan tepat.

Untuk menangani GERD, dokter biasanya meresepkan obat antasida, inhibitor pompa proton (PPI), atau obat anti-refluks. Selain itu, perubahan gaya hidup seperti menghindari makanan pedas, berlemak, dan berkarbonasi, serta menjaga berat badan ideal dan menghindari merokok juga dapat membantu mengurangi gejala GERD.

Sementara itu, penanganan tukak lambung biasanya melibatkan kombinasi obat antibiotik untuk mengobati infeksi Helicobacter pylori, obat antasida untuk meredakan gejala, dan obat untuk mengurangi produksi asam lambung. Dalam kasus yang lebih parah, dokter juga dapat meresepkan terapi endoskopi atau operasi untuk mengobati tukak lambung yang parah.

Untuk mencegah kedua kondisi ini, penting untuk menghindari faktor risiko seperti menghindari makanan yang memicu refluks asam, mengurangi stres, dan menjaga pola makan yang sehat. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan penanganan yang tepat. Kesehatan pencernaan Anda sangat penting, jadi jangan abaikan gejala yang muncul!