Program BISA bantu pemerintah putus siklus stunting antargenerasi

Program BISA (Bina Anak Sehat) adalah program yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memutus siklus stunting antargenerasi di Indonesia. Stunting adalah kondisi dimana anak mengalami pertumbuhan yang terhambat akibat kekurangan gizi sejak dalam kandungan hingga usia dua tahun. Kondisi ini dapat berdampak pada perkembangan fisik dan mental anak, yang pada akhirnya akan mempengaruhi produktivitas dan kualitas hidup anak di masa depan.

Menurut data Badan Kesehatan Dunia (WHO), Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka stunting tertinggi di dunia. Angka stunting di Indonesia mencapai sekitar 30% pada tahun 2020. Hal ini menjadi perhatian serius bagi pemerintah untuk mengambil langkah-langkah preventif guna mengatasi masalah stunting ini.

Program BISA hadir sebagai solusi untuk membantu pemerintah dalam mengatasi masalah stunting antargenerasi. Program ini menitikberatkan pada upaya pencegahan stunting sejak dini, yaitu sejak masa kehamilan hingga usia dua tahun. Dengan pendekatan yang komprehensif, Program BISA menyediakan berbagai layanan pendukung kesehatan bagi ibu hamil dan balita, seperti pelayanan kesehatan ibu dan anak, imunisasi, gizi seimbang, serta pendidikan kesehatan bagi masyarakat.

Selain itu, Program BISA juga melibatkan berbagai pihak terkait, seperti tenaga kesehatan, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, serta masyarakat itu sendiri. Kolaborasi antarpihak ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas program dan memberikan dampak positif yang signifikan dalam memutus siklus stunting antargenerasi.

Melalui Program BISA, diharapkan angka stunting di Indonesia dapat terus menurun dan generasi masa depan Indonesia dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas. Dengan upaya bersama dan komitmen yang kuat, kita dapat mewujudkan Indonesia yang bebas dari stunting dan memiliki generasi yang tangguh dan berkualitas. Mari kita dukung Program BISA untuk masa depan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia!